Benarkah Joko Widodo adalah Satrio Piningit?

Oleh: Mbah Wagoe

 

Joko Widodo muJokowi-satrio piningitngkin akan menjadi trending topic pasca kemenangan PDI Perjuangan dalam Pemilu ini. Ada beberapa hal yang patut disimak berkaitan dengan manusia yang bernama Joko Widodo ini. Begitu banyak prediksi (mungkin lebih tepatnya harapan) publik tentang kinerja Jokowi dalam merubah negara ini, dan salah satu prediksi itu adalah prediksi yang menyebut Joko Widodo sebagai pemimpin Satrio Piningit (Satria Tersembunyi) yang selama ini memang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan.

Kesan publik terhadap figur Joko Widodo memang bukan kesan “polesan media” atau “polesan money politic” tetapi lebih pada figur yang cukup diterima dan memiliki kesan yang baik dalam hati rakyat Indonesia.

Saya lebih menggambarkan Joko Widodo sebagai figur pemimpin yang sangat memenuhi syarat kepemimpinan versi saya dengan membandingkannya pada beberapa figur kebaikan dalam filosofi budaya Jawa, yakni:

1. Ngemong (mau mendengar dan melayani), seperti tokoh Semar.

2. Santun ( mau menjaga keramahan walau pada saat diserang), seperti tokoh Bambang Irawan

3. Anteng ing Pikir (tidak terlalu reaktif terhadap kritikan ), seperti tokoh Nakulo

4. Andap Asor (rendah hati), seperti tokoh Ramawijaya

5. Sigap (selalu siap tempur di lapangan), seperti tokoh Gatutkaca

6. Opo Anane (jujur dan berjalan seperti adanya), seperti tokoh Puntodewo

7. Wani (berani membongkar kebiasaan jelek dan pelanggaran), seperti tokoh Sadewa

8. Teges (tidak plinpan, dan tegas dalam mengambil keputusan), seperti tokoh Wingsang Geni

9. Temen ( Tulus dalam melakukan sesuatu), seperti tokoh Bimo Werkudoro

10. Wicaksono (bijaksana) seperti tokoh Kresno.

 

Ke-sepuluh syarat kepemimpinan di atas memang lebih menggambarkan Joko Widodo sebagai seorang pemimpin berdasarkan pengamatan saya (yang tentu saja mungkin tidak ilmiah).

Untuk menjadi seorang Satrio, Joko Widodo jelas sudah memenuhi syarat. Bagaimana dengan Satrio Piningit?

Joko Widodo hampir tidak pernah muncul di media massa sebelum ia menjabat menjadi walikota Surakarta. Joko Widodo adalah seorang tokoh masyarakat yang muncul dari sebuah proses pendadaran keadaan yang sangat normal (bukan suksesi). Pencalonan Presiden Joko Widodo juga bukan proses suksesi, bahkan menurut saya adalah proses “keterpaksaan” oleh desakan kondisi politik sehingga PDIP, mau tidak mau harus menempatkan Joko Widodo pada porsi pencalonan presiden mendatang. Kalau boleh jujur (menurut analisa saya) ibu Megawati tentu masih ingin kekaisaran politik dibangun terus menerus, namun sekali lagi karena keadaan, terpaksa mengusung calon di luar ranah suksesinya.

Perlu dicatat bahwa selama menjadi walkota Solo beliau tidak memanfaatkan fasilitas dinas dari Pemerintah, seperti misalnya mobil dinasnya cukup menggunakan mobil dinas yang dipergunakan oleh walikota sebelumnya. Ada satu hal yang secara prinsipial Joko Widodo berbeda dengan para apemimpin sebelumnya, yakni bahwa baginya anggaran negara harus kembali kepada rakyat. Joko Widodo mungkin satu-satunya pioneer pemimpin yang sangat sukses memberdayakan pembenahan sector kesehatan dan jaminan kesehatan publik bagi warga yang dipimpinnya. Namun tentu saja Joko Widodo bukanlah dewa atau semacamnya, yang tidak memiliki kekurangan. Joko Widodo tentu juga tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa kerja sama dari berbagai pihak, terutama masing-masing rakyat yang memang mengharapkannya untuk menjadi perubah keadaan bangsa ini.

Benarkah Joko Widodo memang kesatria yang selama ini disembunyikan oleh keadaan (satrio piningit) itu, silahkan anda sendirilah yang menentukannya.


One thought on “Benarkah Joko Widodo adalah Satrio Piningit?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s